Mengenal Indahnya Wisata Aceh – Waduk Sianjo-Anjo

Quintadamata – Diapit oleh Selat Malaka dan juga Samudera Hindia, menjadikan Aceh memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan juga lautan biru yang menawan. Salah satu keindahan wisata alam yang dimiliki Aceh – Waduk Sianjo – Anjo. Apakah kamu pernah mengunjungi wisata yang disebut-sebut sebagai miniatur danau Toba ini?

Pesona Waduk Sianjo-Anjo

Buat kamu yang pernah berkunjung ke wisata Aceh – Waduk Sianjo – Anjo, pasti setuju jika waduk ini memiliki keindahan yang unik. Jika dilihat dari atas, keseluruhan waduk ini seperti gugusan pulau yang menyatu dengan pola yang memanjakan mata.

Udara disekitar waduk ini sangat sejuk karena adanya barisan pepohonan menghijau disepanjang tepian waduk. Kamu bisa mendapatkan spot-spot alami yang cantik untuk berfoto.

Waduk seluas 600 Ha ini menjadi lokasi yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan. Selain itu, kamu juga dapat sekedar menikmati sore yang indah di waduk Sianjo – Anjo ini.

Lokasi Waduk Sianjo-Anjo

Buat kalian yang ingin mengunjungi Aceh – Waduk Sianjo-Anjo, lokasi ada di kabupaten Aceh Singkol. Kita tahu bahwa Aceh Singkil merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang baru diresmikan pada tahun 1999. Buat kamu yang lahir di tahun ini, berarti seumuran dengan kabupaten Aceh Singkil.

Nah untuk lokasi tepatnya, waduk Sianjo-Anjo ini berada di antara kecamatan Simpang Kanan dan kecamatan Gunung Meriah. Waduk ini juga berada diantara tiga desa yang secara lokasi mengapit waduk Sianjo-Anjo. Ketiga desa ini adalah desa Lain Golong, Sido Mukti, dan juga Sianjo-Anjo.

Dari kota Banda Aceh, kamu dapat menempuhnya dalam perjalanan 12 jam dengan mobil. Untuk jauhnya sekitar 630 kilo meter. Jangan khawatir karena akses jalannya terbilang mudah karena juga melewati jalan provinsi.

Manfaat Waduk Sianjo-Anjo bagi warga sekitar

Perlu kamu ketahui bahwasanya awal mula dibentuknya waduk Sianjo-Anjo adalah untuk menunjang kebutuhan masyarakat sekitar. Utamanya fungsi air dari waduk ini adalah untuk pemenuhan kebutuhan air baku bagi masyarakat sekitar. Sekitar seribu lebih keluarga di kabupaten Sianjo-Anjo, persediaan air bersihnya berasal dari waduk ini. Keberadaan waduk memang sangat membantu masyarakat dalam hal perairan, utamanya saat musim kemarau tiba mpo88.

Pertama adalah untuk pengairan lahan. Di kabupaten Sianjo-Anjo sendiri terdapat sawah dengan luas keseluruhan sekitar 850 hektar. Dengan adanya waduk ini, maka persawahan dan juga lahan yang ada tetap dapat ditanami bila musim kemarau tiba. Dengan waduk ini juga, secara keseluruhan pertanian berbasis sawah di kabupaten Sianjo-Anjo dapat melakukan panen sebanyak dua kali dalam setahun.

Kedua waduk ini juga difungsikan sebagai pengendali banjir bila musim penghujan tiba. Jadi waduk akan menahan aliran air yang berskala besar untuk kemudian dilepaskan melalui aliran sungai. Karena telah tertampung di waduk, maka aliran air dapat dilepaskan dengan debit rendah sehingga hilir sungai tidak mengalami banjir.

Kemudian yang ketiga, waduk Sianjo-Anjo juga difungsikan untuk mendukung budidaya ikan air tawar. Hal ini tentunya juga akan turut menyumbang imbas positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

Demikian seputar tentang salah satu wisata Aceh – Waduk Sianjo-Anjo. Yang jelas waduk yang keindahannya menyerupai replika danau Toba mini ini tidak boleh dilewatkan. Selain akses lokasinya yang terbilang mudah, waduk ini juga menawarkan area refresing yang dijamin akan memanjakan pengunjung. Tunggu apa lagi, yuk agendakan untuk berkunjung ke waduk Sianjo-Anjo!


Comments are closed.