Mengenal Glamping, Camping Kekinian di Alam Terbuka

Mengenal Glamping, Camping Kekinian di Alam Terbuka

Quintadamata – Saat ini trend menikmati alam terbuka kian variatif, salah satunya adalah glamping yang kini diminati oleh para remaja dan kaum milenial sebagai cara lain untuk menikmati keindahan alam dengan lebih mewah namun tetap berwawasan lingkungan.

Glamping sendiri menawarkan banyak kemudahan sekaligus fleksibilitas bagi siapapun yang ingin menikmati alam baik kawasan perbukitan, pantai atau bahkan gunung tanpa harus repot membawa perlengkapan mulai dari tenda, alas tidur hingga peralatan memasak.

Saat ini bahkan, masyarakat perkotaan menjadikan glamping sebagai salah satu alternatif liburan baik secara personal maupun bersama keluarga sebagai cara untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas sekaligus menyegarkan kembali pikiran dan tubuh di alam yang masih alami.

Pengertian Glamping

Glamping secara harfiah berarti glamour atau glamourus camping yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna camping dengan cara yang lebih mewah. Meski demikian konsep glamping sejatinya sama persis dengan camping, hanya saja para pelaku glamping tak perlu repot membawa perlengkapan khusus layaknya camping karena semua kebutuhannya sudah dilayani oleh pengelola glamping.

Bahkan glamping juga memiliki berbagai keunggulan selain lebih simple mpo88, penikmat glamping juga tak perlu harus berlelah-lelah ria untuk mencapai tujuan apalagi sampai mengalami dehidrasi akibat mendaki gunung dan membawa peralatan camping yang berat.

Konsep glamping sendiri pada dasarnya sama dengan camping pada umumnya, lebih kepada ingin menyatu dengan alam sekaligus menikmati keindahan alam dan menghirup segarnya udara dan suasana alam yang masih alami, meskipun pada dasarnya glamping tak ubahnya bermalam di sebuah penginapan yang mewah hanya saja tetap menonjolkan nuansa alamnya.

Trend Glamping

Kian tingginya animo penikmat glamping di tanah air khususnya terhadap obyek-obyek wisata tertentu, juga direspon oleh para pengelola obyek wisata dengan menyediakan lokasi glamping dengan fasilitas yang mewah termasuk konsep penginapan bernuansa alam yang umumnya menggunakan tenda namun sebagai lokasi glamping lainnya memanfaatkan kamar kabin yang terbuat dari kayu yang difungsikan sebagai kamarnya.

Sehingga para penikmat glamping juga hanya cukup membawa perlengkapan pribadi saja, sedangkan tenda dan kebutuhan konsumsi dan akomodasi termasuk membuat api unggun pun sudah disediakan secara langsung oleh pengelola obyek wisata.

Konsekuensinya memang penikmat glamping harus membayar biaya untuk bisa mendapatkan fasilitas glamping yang disediakan oleh pengelola obyek wisata itu.

Lokasi glampingnya juga dibuat sama persis dengan lokasi camping pada umumnya yang dibuat senatural mungkin termasuk membangun tenda-tenda perkemahan baik untuk berisitrahat, makan malam hingga area untuk api unggun.

Bahkan beberapa lokasi glamping, tendanya dibuat unik seperti berbentuk bulat dan transparan agar lebih menyatu dengan alam sekaligus bisa menikmati indahnya bintang di langit dari dalam tenda. Sedangkan lokasi glamping lainnya lebih memilih membangun lokasi glamping layaknya villa dengan kamar-kamar khusus, namun tetap menonjolkan aktivitas luar ruang kepada para penikmat glampingnya.

Obyek Wisata Lokasi Glamping

Banyak obyek wisata terkenal yang menyediakan lokasi glamping, seperti Ciwidey, Yogyakarta, Bogor, Bandung hingga Malang yang selama ini sudah terkenal dengan beragam obyek wisata alamnya yang indah.

Meski demikian, karena glamping juga berada di alam terbuka, namun penikmatnya juga harus tetap hati-hati terhadap hal yang tidak diinginkan, seperti kemungkinan adanya binatang buas serta tetap menghormati dan tidak bertindak yang menyimpang selama glamping.

Demikian halnya ketika membuat api unggun tetap perhatikan juga lingkungan sekitar untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran hutan. Oleh karena itu selalu pastikan api unggun sudah benar-benar padam ketika sudah selesai beraktivitas.


Comments are closed.