4 Jalur Wisata Pendakian Gunung Lawu yang Keren

4 Jalur Wisata Pendakian Gunung Lawu yang Keren

Quintadamata – Bagi para pecinta alam mendaki ke Gunung Lawu adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi tidak tahu jalur terbaik mana yang harus dipilih. Pasalnya, ada 4 jalur wisata pendakian Gunung Lawu untuk menuju ke tempat tersebut.

Hal di atas karena Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini dikelilingi oleh tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Dua lagi yaitu Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Jalur Wisata Pendakian Gunung Lawu yang Memanjakan Mata

Karena letak Gunung Lawu strategis maka tidak heran jika mempunyai banyak jalur pendakian. Keempat jalur itu adalah Candi Cetho di Jawa Tengah, lalu Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur.

Sebelum berangkat, alangkah lebih baik jika Kamu paham  area ke empat jalur sehingga mengetahui ciri-ciri medan pendakian agar tidak tersesat. Berikut ini ulasan keempat jalur wisata pendakian Gunung Lawu :

  • Cemoro Kandang

Jalur pendakian Cemoro Kandang terletak tidak jauh dari base camp Cemoro Sewu. Jarak dari Cemoro Sewu sekitar 750 meter dan base camp-nya terbilang lebih landai. Cemoro Kandang termasuk jalur pendakian daerah Karanganyar, Jawa Tengah.

Jalur ini memang lebih landai, tetapi jarak tempuh sampai di Gunung Lawu lebih jauh karena track-nya dibuat berkelok. Di Pos Bayangan yaitu Antara Pos ll dan Pos lll Kamu akan disajikan pemandangan ke arah barat. Kamu bisa menyaksikan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu bersanding jika cuaca sedang cerah.

Untuk sampai di Harga Dumilah ada 4 pos yang harus dilalui. Sebelum sampai puncak Kamu akan melewati Pos 4 yaitu Cokro Suryo. Kamu bisa langsung menuju Hargo Dumilah atau ke Hargo Dalem untuk menemui warung Mbok Yem di pos 4 tersebut. Warung ini sebagai tertinggi di Indonesia.

  • Candi Cetho

Rute jalur Candi Cetho terletak di sisi Barat Laut Gunung Lawu karenanya jalur ini terpisah dari Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Candi Cetho berada di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pendakian dimulai dengan menemukan Candi Cetho dan Candi Kethek sebagai situs cagar budaya togel online. Kamu pun bisa berwisata dulu untuk melihat kedua candi tersebut.

Ada 5 pos pendakian dari jalur ini. Setelah melewati Pos 5 yang bernama Bulak Peperangan maka akan sampai di Gupakan Menjangan, Pasar Dieng. Di sini Kamu akan melihat padang savana yang indah. Selanjutnya akan tiba di Hargo Dalem.

  • Cemoro Sewu

Cemoro Sewu merupakan salah satu jalur favorit untuk para pendaki yang ingin sampai ke puncak Gunung Lawu. Cemoro Sewu terletak di Kabupten Magetan, Jawa Timur.

Base camp jalur pendakian Cemoro Sewu mudah ditemui karena terletak di samping jalan utama Karanganyar-Magetan. Ada 5 pos pendakian melalui jalur ini. Kamu bisa membeli makanan dan minuman di Pos l dan Pos ll.

Jalur Cemoro Sewu terdiri dari batu-batu yang sudah ditata rapi. Maka dari itu, jalur ini menjadi favorit bagi para pendaki. Selain itu, jalur ini sebagai rute tercepat untuk sampai ke puncak Hargo Dumilah. Kamu akan menemukan tanjakan terjal antara Pos ll dan Pos lll sebelum sampai puncak.

Melirik ke arah selatan dari jalur Cemoro Sewu maka Kamu akan menyaksikan pemandangan indah hamparan Bukit Mongkrang dan Lawu Selatan. Pemandangan ini akan Kamu saksikan jika akan sampai di Pos lV.

  • Singolangu

Singolangu adalah jalur klasik menuju puncak Lawu yang ekstrim sehingga pengelola tidak menganjurkan melakukan pendkian di malam hari. Pak Sumarlan sebagi salah satu penjaga pintu jalur ini mengatakan bahwa pengelola membatasi jam pendakian sampai pukul 17.00 WIB.

Masalahnya, mulai masuk pintu pendakian sampai pos 3 merupakan hutan perawan dengan pepohonan rapat, sehingga tidak tembus sinar matahari. Pelarangan itu agar para pendaki tidak tersesat.

Kamu bisa menyaksikan pemandangan indah view kota Magetan dan Telaga Sarangan. Jalur ini dipercaya suka digunakan oleh Raja Brwijaya saat naik Gunung Lawu.

Gunung Lawu terletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur sehingga memiliki banyak jalur pendakian. Kamu disuguhi panorama indah saat melakukan wisata pendakian Gunung Lawu yang keren dan memampu memanjakan mata.


Comments are closed.