Objek Wisata Pendakian Bomo Tengger Semeru

Objek Wisata Pendakian Bomo Tengger Semeru

Quintadamata – Semua orang mengakui bahwa pandemi Covid-19 telah banyak merubah hampir seluruh aspek kehidupan. Termasuk wisata pendakian Bromo Tengger Semeru yang pernah mengalami penutupan karena melonjaknya jumlah penderita corona terutama daerah Jawa dan Bali. Setelah jumlah penderita mengalami penurunan yang signifikan maka destinasi wisata ini dibuka kembali dengan mengikuti aturan yang berlaku.

Pembukaan Wisata Pendakian Bromo Tengger Semeru

Kawasan wisata ini kembali menggeliat dari tidurnya setelah mengalami penutupan dari tanggal 3 juli 2021. Penutupan tersebut terus diperpanjang sampai angka penderita Covid-19 menurun. Pada tanggal 9 September 2021 wisata pendakian Bromo Tengger Semeru dibuka dengan mengikuti persyaratan berikut :

  • Terbatas Kuota

Di masa adaptasi pembukaan objek wisata Bromo Tengger Semeru maka jumlah kuota pengunjung pun dibatasi sebesar 30%. Jumlah tersebut setara dengan 180 orang  per hari. Adapun kenaikan jumlah pengunjung sampai 50% memerhatikan hasilmonev terlebih dahulu.

Monev yaitu monitoring dan evaluasi yang melipiuti proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, sampai penilaian dan evaluasi capaian kinerja.

  • Pendaftaran Pendakian

Cara pendaftaran pendakian yang dapat Kamu lakukan seperti di bawah ini :

Cara Mendaftar

Pendaftaran di Balai Besar TNBTS dilakukan secara online baik itu booking atau reschedule untuk wisatawan nusantara ataupun mancanegara.

Kemudian, perhatikan SOP pendakian sebelum melanjutkan pendaftaran.

Saat pendaftaran,  pilih tanggal berangkat dan tanggal pulang.  Lalu isi form pendaftaran dengan menuliskan biodata lengkap disertai alamat email dan nomor HP yang benar.

Konfirmasi pembayaran akan dikirim melalui email dan SMS dari ketua kelompok. Selanjutnya, cek email atau input-kan kode booking di bagian menu pencarian halaman website booking online. Lalu cek bukti pendaftaran serta surat pernyataan dan daftar perlengkapan yang akan dibawa ke sana.

Bukti pembayaran akan dikirim pada ketua kelompok melalui SMS dan email togel online. Batas waktu dari pembayaran 2 jam dari pendaftaran. Bila lebih dari 2 jam maka kode booking hangus.

Pembayaran ini pun hanya melalui virtual account. Setelah selesai mendaftar maka cek kode booking dari email atau halaman website booking online agar mendapatkan virtual Account.

Download Bukti Pendaftaran

Lalu masukan kode booking. Kemudian verifikasi nomor handphone  atau email ketua pendakian. Selanjutnya, download bukti cetak booking online.

Penggantian Anggota

Lalu masukan kode booking. Lalu verifikasi nomor handphone atau email ketua pendakian. Setelah itu, download klik button ubah data pendaki, lalu verivikasi data anggota yang akan diganti.

Kemudian klik tanda edit untuk menggganti data anggota, perubahan data anggota tersebut hanya bisa 50%. Lalu download bukti cetak dari booking online.

Persyaratan Pendakian

Kamu harus menunjukan bukti cetak pendaftaran booking online yang berasal dari Balai Besar TNBTS. Kamu juga harus menunjukan surat keterangan sehat asli dan tidak punya ISPA yang bertanda tangan dan berstempel basah.

Surat tersebut dari pelayanan kesehatan yang tujuannya untuk persyaratan melakukan pendakian Gunung Semeru. Surat berlaku selama 3 hari sebelum hari pendakian.

Kamu harus membawa fotokopi KTP/KTM/Paspor yang masih berlaku. Jika ada yang belum punya KTP harus membawa bukti izin dari orang tua dibubuhi materai serta fotokopi KTP orang tua. Pengunjung dengan usia di bawah 10 tahun dan di atas 60 tahun dilarang masuk area TNBTS.

Setelah angka Covid-19 menurun maka objek wisata pun kembali dibuka. Kamu pun bisa menikmati kembali wisata pendakian Bromo Tengger Semeru yang seru.


Comments are closed.