9 Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam

9 Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam

Quintadamata – Banyak tempat wisata di Matur Kabupaten Agam dengan keindahan yang sangat menakjubkan. Matur adalah salah satu nama Kecamatan di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu tempat yang unik dan menarik adalah kelok 44 dengan pemandangan memukau mata. Masih banyak lagi tourist spot yang sayang dilewatkan bila berkunjung ke sana. Untuk menikmati keindahannya, simak ulasannya sampai tuntas, ya! Karena ada beberapa rekomendasi tempat wisata Kabupaten Agam yang menarik lainnya.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Matur Kabupaten Agam

Ada beberapa tempat wisata di Matur Kabupaten Agam yang wajib Kamu kunjungi yaitu :

  1. Pantai Tiku

Kabupaten Agam mempunyai sederet pantai indah di garis Pasia, Kecamatan Muara seperti Pantai Tiku yang sangat menarik. Pantai ini belum dikomersilkan, tetapi banyak wisatawan yang mendatanginya.

Di pantai tersebut, Kamu dapat menikmati keindahan pantai dan membeli ikan segar dari para nelayan. Namun Kamu tidak dapat masuk ke arah lepas pantai untuk bersnorkling agar melihat ikan hias dan terumbu karang yang indah. Masalahnya, daerah ini terdapat ubur-ubur sehingga dilarang berenang di tepian.

  • Pulau Ujuang

Sebenarnya, Kabupaten Agam mempunyai tiga pulau menarik yakni Pulau Kasiak, Pulau Tangah, dan Pulau Ujuang. Pulau-pulau tersebut seperti resort pribadi karena belum banyak diketahui khalayak.

Setiap pulau mempunyai view yang indah dan luar biasa. Terlebih lagi, Pulau Ujuang yang sangat seru untuk snorkling. Secara geografis Pulau Ujuang segaris dengan Pulau Mentawai.

Untuk sampai ke Pulau Ujuang maka Kamu harus menyewa kapal dari nelayan di TPI Tiku. Di sana belum ada akomodasi tempat menginap maka disarankan untuk membawa tenda jika ingin bermalam.

  • Linggai Danau Maninjau

Sumatera Barat Mempunyai 9 danau. Salah satunya Danau Maninjau yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten. Demikian juga Kabupaten Agam kebagian indahnya danau terbesar di Sumatera tersebut.

Terdapat sebuah objek wisata disebut Linggai yang sedang naik daun sekarang. Linggai Danau Maninjau berada di dataran tinggi Duo Kuto sehingga menyuguhkan berbagai panorama yang sangat menarik.

Jika berdiri di bawah spot Linggai maka Anda akan takjub dengan hamparan Danau Maninjau. Selain itu, air jernih danau yang dikelilingi rumah penduduk.

  • Taman Bermain Banto Royo

Banto Royo merupakan tempat wisata teranyar di Kabupaten Agam. Tourist spot ini diluncurkan menjelang tahun 2019.

Saat itu juga, taman bermain tersebut sangat populer di Kecamatan Tilatang Kamang sebagai pusat rekreasi. Di sini terdapat banyak wahana bermain seperti jembatan panjang, saung, spot berfoto, seluncur air, dan sarana outbound.

Banto Royo ini adalah sebuah rawa dengan luas 6 hektar dan hanya memiliki daratan sekitar 20%. Sisa daerah tersebut dikelilingin oleh air tawar. Keindahan dari Banto Royo ini karena diperkuat oleh letak geografis yang dikelilingi pesawahan serta diapit jajaran Bukit Barisan.

Berbagai menitas di Banto Royo memanjakan pengunjung yang membuat pemandangan semakin memesona. Selain kegiatan alam maka Kamu juga bisa menikmati spot  kuliner.

  • Agrowisata Lereng Gunung Singgalang

Lereng Gunung Singgalang yang terletak di Kecamatan Candung mempunyai ekowisata yaitu perkebunan buah-buahan. Tempat wisata di Matur Kabupaten Agam ini khusus dirancang menjadi wisata agro yang membuat tampil beda dan lebih unik.

Maka dari itu, Ekowisata Lereng Gunung Singgalang sangat seru untuk menjadi wisata edukasi. Para pelancong dibawa untuk mengenali berbagai buah, ikut memetik buah-buahan, dan mengonumsinya.

  • Puncak Lawang

Danau Maninjau yang luas menyebabkan daerah sekitarnya mempunyai destinasi wisata yang elok. Di antarnya adalah Puncak Lawang sebagai perbukitan di utara Maninjau.

Tempat wisata baru ini berada di ketinggian 1.210 mdpl. Kawasan Matur semakin populer setelah diformat sesuai trend milenial. Namun sebelumnya detinasi wisata itu juga sudah dikenal karena sebagai tempat paralayang di Agam dan Bukittingi.

Bagi turis luar Kabupaten Agam dan mancanagara wajib untuk mengunjungi objek wisata ini. Pasalnya transportasinya cukup mudah dengan pemandangan alam di sepanjang jalan yang menakjubkan.

  • Air Terjun Lakuik Tamiang

Kecamatan Malalak mempunyai objek wisata Air Terjun Lakuik Tamiang sebagai surga bagi para penikmat alam. Air terjun ini sangat indah di atas dinding bebatuan yang memanjang dengan tinggi dari atas perbukitan sekitar 100 meter.

Dengan begitu, air terjun ini merupkan tertinggi di Kabupaten Agam. Air terjun ini juga mempunyai eksotika bandar togel online yang berbeda karena mempunyai deretan air terjun sebanyak 6 buah dengan bentuk seperti tirai. Pengunjung akan melewati hutan basah yang lebat, lembab, dan belum terjamah sebelum tiba di lokasi.

Air terjun Lakuik Tamiang dengan bentuk bertingkat memang sepi dan tampak mistis. Namun bagi petualang sejati tempat ini banyak dicari karena belum banyak orang mendatanginya.

  • Kelok 44

Kelok 44 merupakan spot yang cantik jelita di daerah Muko-Muko. Kamu harus menahan nafas karena melewati rute 44 kelokan yang sangat menantang. Kelok 44 merupakan rute legendaris yang bikin nyali ciut dengan panjang sejauh 8 km.

Kamu dapat menikmati bentangan danau terbesar ke 11 di Indonesia. Di sekitar kelok 44 terdapat banyak penginapan dan resort.

  • Rumah Gadang Mudik Pasar

Rumah ini dipengaruhi oleh arsitektur Belanda. Bangunan ini terbuat dari dinding batu berwarna putih krem. Rumah gadang ini mempunyai gonjong khas Sumatera Barat yang terdiri dari 8 kamar tidur dan gazebo.

Dari beberapa tourist spot yang indah tersebut destinasi wisata mana yang paling Kamu suka? Tempat wisata di Matur Kabupaten Agam memiliki segenap panorama yang menakjubkan.


Comments are closed.