Bukan Pegunungan, Air Terjun Sungun Agai di Yahukimo

Bukan Pegunungan, Air Terjun Sungun Agai di Yahukimo

Quintadamata – Mendengar kata Papua yang pertama kali teringat pastilah pegunungan Jaya sebagai puncak tertinggi di Indonesia. Namun, yang perlu diketahui ternyata Papua tak hanya punya gunung sebagai objek wisata andalan. Pantai, perbukitan, sungai, pulau, serta air terjun juga sangat menarik di kunjungi. Tepatnya di provinsi Yahukimo terdapat salah satu air terjun cantik yang bernama Sungun Agai. Penasaran? Mari simak ulasannya berikut.

Melihat Cantiknya Yahukimo

Yahukimo adalah sebuah provinsi yang terletak di Papua, sebuah daerah yang terkadang dianggap terbelakang dari daerah lainnya. Meski begitu sebenarnya jika dikelola dengan baik bukan tidak mungkin bisa setenar pulau Bali atau wisata lain di Jawa. Luas provinsi ini sendiri hanya sekitar 17.152 kilometer persegi dengan ketinggian 1.000-3.000 mdpl. Topografinya terdiri dari perbukitan, dataran rendah sampai lereng dengan tingkat kemiringan berbeda-beda.

Akibat kemiringan daerahnya yang berbeda inilah membuat Yahukimo bandar togel online memiliki beberapa air terjun yang indah. Sebut saja air terjun Sungun Agai salah satu yang patut di kunjungi. Meski begitu, mungkin karena letaknya di bagian tertimur Indonesia menjadikan tempat ini belum banyak di ketahui. Padahal jika ditelisik lebih jauh panorama air terjun Sungun Agai sungguh sangat cantik.

Fisik air terjun ini terlihat gagah meski tidak terlalu tinggi. Curahan air yang jatuh deras namun tetap jernih karena terhindar dari cemaran limbah kota. Meski jernih, karena debit air yang cukup deras para pengunjung dilarang keras mandi langsung di bawah aliran air. Jika ingin menikmati kesegaran air terjun pengunjung bisa berendam di kolam kecil yang terletak di pinggir aliran air terjun.

Bebatuan alami serta rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun membuat suasana semakin teduh dan asri. Angin yang berhembus juga sepoi dan ramah serasa di nina bobokan oleh alam. Terkadang akan terlihat pula kiluan seperti pelangi di sekitar air terjun akibat reaksi pantulan sinar matahari dan air yang jatuh. Sayangnya, karena tempat ini yang belum terlalu terjamah fasilitas umum masih kurang.

Kamar mandi, tempat sampah ataupun gazebo untuk sekedar duduk menikmati pemandangan disini masih minim. Untuk itu jika pengunjung datang diharapkan kesadaraannya seperti jangan membuang sampah sembarangan. Sampah bekas bisa di simpan sendiri kemudian di buang ketika sudah menemui tong sampah di kota. Pemerintahpun diharapkan bisa segera tanggap dan berperan aktif dalam pembangunan fasilitas di tempat ini.

Diharapkan dengan adanya fasilitas yang lebih memadai pengunjung akan lebih mudah datang berwisata ke air terjun Sungun Agai. Volume kunjungan juga bisa lebih banyak sehingga pendapatan daerah juga masyarakat setempat bertambah. Fakta lain dari Yahukimo adalah bahwa daerah ini meskipun kontur tanah miring tergolong subur.

Banyak komoditas dengan kualitas baik dihasilkan dari provinsi ini. Kopi jenis arabika, padi, kelapa, dan buah merah khas Papua ditanam di sini. Sagu, vanili serta beragam jenis kayu juga merupakan andalan masyarakat setempat. Sektor peternakan juga digemari, kambing, babi, kelinci dan ayam kampung bisa dijumpai dengan mudah.

Demikian dulu ulasan menarik mengenai Bukan Pegunungan, Ada Air Terjun Sungun Agai di Yahukimo. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan kamu bisa menjadikan Papua sebagai salah satu daftar kunjungan wisata nantinya. Sebagai pesan terakhir, berlibur ke alam boleh tapi jangan sampai lupa menjaganya ya. Hindari membuang sampah serta merusak fasilitas yang ada. Sekian!


Comments are closed.