Tips Jalan-Jalan Murah ke Tempat Bagus, Semarang

Tips Jalan-Jalan Murah ke Tempat Bagus, Semarang

Quintadamata – Semarang ialah ibu-kota ke-2 dari Jawa tengah sesudah kota Yogyakarta, yang mempunyai jargon sebagai kota ATLAS (Aman, Teratur, Lancar, Asri dan Sehat). Semarang berada pada bagian utara Jawa Tengah, dan mempunyai angka komunitas yang dengan 1.5 juta. Dan tempati dua juta jiwa dengan luas kota 373.67 km persegi. Dan kota ini di juluki dengan kota ‘Lumpia’ memiliki kebudayaan yang heterogen, gabungan kombinasi dari beragam budaya dari Asia Timur dan Eropa. Tempat wisata yang berada di kota ini, diantaranya dengan bangunan-bangunan arsitek elok misalnya : Kuil Sam Po Kong, Gereja Blenduk dan Lawang Sewu.

Semarang dikenal juga dengan panggilan lain, misalkan ‘Venetie Van Java’ yang diberi pada zaman penjajahan Belanda, karena Semarang banyak dilewati oleh beberapa sungai seperti pada Venice Italia. Disamping itu Semarang juga dikenal “the port of java” yang kebenaran jargon dari pariwisata kota Semarang, dengan arah memperkenalkan Semarang sebagai kota dermaga.

Saat tiba ke kota ini populer dengan rekreasi kulineran, dapat mulai dari wilayah Simpang Lima, karena di wilayah ini dapat dijumpai banyak jenis makanan dan jajan ciri khas Semarang pada harga benar-benar dapat dijangkau. Dan di tengah-tengah kedapatan kota Semarang akan kelihatan bangunan Lawang Sewu yang telah berdiri pada tahun 1904 dan Mushola Agung Jawa Tengah yang disebut mushola termegah di Indonesia.

Riwayat Semarang

Nama Semarang bermula dari kata ‘Asem’ dan ‘Arang’ yang mempunyai makna Asem yang tumbuh dengan jarang. Di akhir era ke 15 M ada seorang di taruh oleh Kerajaan Demark, dikenali dengan Pangeran Made Pandan (Sunan Pandanaran I) dengan arah menebarkan agama Islam dari bukit-bukit Progota.

Selanjutnya dari hari ke hari wilayah ini jadi subur, dari antara kesuburan itu nampaklah pohon Asam yang arang, yang memberinya gelar atau nama kota ini jadi “Semarang”. Dan kota Semarang dijadikan pusat perdagangan oleh Belanda di era 19 dan 20, dengan membuat gereja, gedung perkantoran dan perumahan untuk membikin mereka nyaman di saat tinggal di Semarang.

Teritori di kota Semarang benar-benar kental dengan arsitektur Eropanya, dan dikenali dengan ‘Little Netherland’ atau kota lama. Dengan berkembang nya jaman, semarang sekarang ini di tandai dengan adanya banyak gedung pencakar langit di beberapa sudut kotanya qqpulsa. Hal itu yang membuat kota Semarang ini membuat jalan rayanya makin padat. Tetapi hal itu tidak kurangi daya tarik Semarang di mata pelancong.

Langkah ke Semarang

Untuk bertandang ke kota Semarang, dapat memakai transportasi yang paling dapat dijangkau dimulai dari pesawat, kereta api, bis sampai kapal laut.

Pergi ke Semarang Dengan Pesawat Terbang

Bila Anda inginkan waktu secara singkat dan efektivitas bisa pilih pesawat untuk perjalanan ke arah Semarang dan akan landing di Lapang terbang Internasional Ahmad Yani (SRG). Jarak dari Lapangan terbang Internasional Ahmad Yani ke arah kota Semarang dapat di menempuh lebih kurang 5km atau sekitaran 10 menit – 15 menit.

Transportasi yang ada saat Anda akan ke arah kota Semarang :

  • Taksi : angkutan umum tipe ini termasuk mahal karena biaya yang digunakan diantara Rp. 35.000 – Rp. 60.000 (bergantung dengan tipe taksi yang di tentukan).
  • Trans Semarang : transportasi irit ini dapat Anda tentukan bila ingin hemat dari lapangan terbang ke arah kota Semarang. Anda dapat mencari bis koridor IV di halte Lapangan terbang yang dapat mengantar Anda ke pusat perkotaan, dengan biaya umum Rp. 3.500 dan biaya siswa Rp. 1.000.
  • Angkutan Kota : transportasi ini sedikit akan membuat Anda ribet, karena Anda harus jalan ke arah keluar lapangan terbang dan cari angkutan kota yang ke arah pusat perkotaan Semarang, biayanya Rp. 5.000.

Pergi ke Semarang Naik Kereta Api

Perjalanan memakai kereta api dapat diakses dari 3 kota besar : Jakarta, Bandung, Surabaya. Semarang memiliki 2 stasiun kereta api, yaitu Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol. Kereta paling cepat bisa di menempuh sama waktu 6 jam dari Jakarta ke Semarang. Anda bisa pilih tipe kereta sesuai keuangan. Ada banyak opsi biaya ticket kereta sesuai kelasnya.

Pergi ke Semarang Naik Bis

Anda dapat memakai bus untuk ke arah kota Semarang, dan akan datang di terminal Terboyo, yang jaraknya sekitaran 6,7 km dari pusat perkotaan Semarang. Ada banyak jenis opsi ticket untuk biaya bus, diantaranya :

  • Kelas Ekonomi : Rp. 100.000,-
  • Kelas Usaha : Rp. 135.000.-
  • Kelas Eksekutif : Rp. 270.000.-

Pergi ke Semarang Naik Kapal Laut

Untuk ke arah kota Semarang dengan memakai kapal laut jarang, karena agenda yang sangat jarang dan akan memerlukan waktu lama dibanding dengan kereta api (kurang lebih sekitaran 6 jam ) dan bis (sekitaran 9 jam). Semua kapal laut akan bertambat di Dermaga Tanjung Emas, dan jarak dari dermaga ke arah kota Semarang sekitaran 5 km atau 30 menit dengan memakai motor. Untuk biaya kapal laut sekitar sekitaran Rp. 200.000.

Transportasi Umum di Semarang

  • Bis : Semarang memiliki banyak mini bus, umumnya disebutkan dengan angkot lokal dan bis memiliki ukuran sedang disebut dengan Damri kota. Biayanya sekitar dimulai dari Rp. 4.500 sampai Rp. 6.000.
  • Taksi : Tipe transportasi ini benar-benar aman serta nyaman untuk dipakai. Di kota Semarang ada 5 perusahaan taxi, dan yakinkan saat sebelum Anda memakai pilih yang memakai argo.
  • Trans Semarang : Transportasi benar-benar dapat dijangkau untuk biayanya, dan nyaman dibandingkan dengan angkot. Trans Semarang ini sama dengan Trans Jakarta, transportasi umum yang paling dicintai oleh warga. Untuk biayanya Siswa Rp. 2.000 dan Umum Rp. 3.000
  • Sewa Mobil : Umumnya transportasi ini diputuskan oleh keluarga yang liburan dengan arah lebih ringkas ketika berkeliling-keliling kota Semarang.

Hotel di Semarang

  • Budget : Untuk backpackers dapat pilih tipe pemondokan ini untuk mengirit ongkos, dan umumnya banyak dijumpai di Jalan Kauman.
  • Menengah : Tipe pemondokan ini lebih diputuskan oleh beberapa pelancong yang inginkan kenyamanan lebih dalam liburan, dengan standard hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Ekslusif : Temtu saja dengan pilih pemondokan ekslusif hotel bintang 4 dan hotel bintang 5, Anda akan memperoleh kesempurnaan sarana dalam liburan, karena semua sarana akan disiapkan oleh faksi hotel.

Comments are closed.