Tips Jalan-Jalan Murah ke Sumatera Barat

Tips Jalan-Jalan Murah ke Sumatera Barat

Quintadamata – Rekreasi di Sumatera Barat sedang menggelinjang. Banyak pelancong lokal dan luar negeri bersama-sama tiba untuk meilhat keelokan alam disitu. Tetapi, kurangnya info akan ongkos dan akses untuk dapat liburan di Sumbar terkadang ciutkan niat mereka.

Tidak perlu takut, karena ada panduan untuk Anda yang ingin traveling ke Sumatera Barat. Seperti berikut:

1. Tentukan Waktu Yang Pas

Selama setahun sebagai saat yang bagus untuk berekreasi ke Sumatera Barat. Ini karena Sumbar tawarkan bermacam kegiatan dan tempat rekreasi. Ketika musim penghujan kamu dapat berkunjung tempat tertutup yang aman dari hujan seperti Istana Basa Pagaruyug, Museum-museum di Sawahlunto dan Lobang Jepang di Bukit tinggi.

Tetapi bila kamu membidik rekreasi pantai atau bahari dan gunung karena itu tentukan pada musim kemarau disekitaran bulan April sampai Oktober. Untuk yang menyukai dengan rekreasi air terjun, saat yang baik ialah saat perubahan musim dari hujan ke kemarau seperti pada bulan Maret, disaat itu debet air terjun masih deras hingga nikmat dilihat.

Disamping itu, kamu perlu memerhatikan musim padat lawatan atau high season atau peak season seperti saat lebaran atau long akhir pekan. Disaat itu harga-harga akan naik khususnya untuk ticket pesawat, rental mobil, sewa kapal dan pemondokan. Tidak itu saja ketika itu Sumbar akan diserang dan ramai dipenuhi pelancong! Jadi bersiap-siaplah dengan keadaan jalan yang lebih macet dan objek rekreasi yang dipadati pelancong.

2. Atur Itinerary Dengan baik dan Betul

Sumatera Barat itu ialah propinsi yang berpotensi rekreasi yang komplet, satu minggu juga tidak cukup buat menelusuri semua. Tetapi untuk kamu yang mempunyai kebatasan waktu tak perlu cemas. Dengan membuat itinerary secara benar dan baik, karena itu dalam saat yang singkat kamu dapat berkunjung banyak beragam tempat rekreasi yang memikat togel online. Berikut adalah contoh itinerary yang dapat kamu menjadikan dasar, di click ya. Kalau tidak benar nyusun itinerary dan memilih jalur yang searah, ya bersiap saja setelah waktu di jalan.

3. Pergi Sepagi Kemungkinan

Ada orang arif yang menjelaskan jika “barangsiapa yang tidak sanggup bangun lebih cepat karena itu ia tidak menyaksikan cantiknya matahari keluar” jika dianalogikan bukan hanya cantiknya amtahari keluar saja yang disaksikan tetapi keelokan-keelokan yang lain. Dengan bangun lebih cepat kita disaat trip kita dapat berkunjung tempat-tempat cantik semakin banyak dibanding orang yang awalnya cukup siangan.

Sumatera Barat itu sangat banyak tempat keren selaku contohnya nih ya perjalanan dari Padang ke Bukit Tinggi, di sejauh jalan kamu akan mendapati beberapa spot menarik salah satunya Air Terjun Lembah Anai, Pintar Sikek, Sate Mak Sukur dan banyak, jika kamu berangkatnya lebih cepat karena itu kamu dapat kunjungi tempat itu saat sebelum tiba di tujuan khusus.

4. Ajak Rekan Jalan

Panduan ini berlaku untuk kamu tidak dapat jalan-jalan sendirian ataupun lebih sukai kalau ramai-ramai bersama rekan. Kamu dapat cari rekan jalan di beberapa komunitas atau komune yang terkait dengan dunia traveling. Karena ada rekan satu perjalanan kamu dapat mengirit bujet sebagaimana untuk ongkos pemondokan karena kamu dapat share saat pembayaran disamping itu bisa juga mengirit untuk ongkos rental kendaraan, sewa kapal dan lain-lain.

Semakin banyak rekan tentu saja semakin murah, sebagai contoh bila kamu ialah pencinta rekreasi bahari dan menginginkan one day trip jelajahi pulau misalkan ke Pasumpahan-Pagang-Pamutusan, kamu juga mengontak operator yang sering lakukan trip ini, bila kamu cuman sendiri atau berdua karena itu kamu akan dikenai ongkos Rp 350 ribu per-orangnya, tetapi jika kami jalan bersama lebih dari lima orang karena itu untuk trip ini cuman Rp 250 ribu, tuh, berapakah penghematan yang dapat kamu kerjakan? 100 ribu cukup saja kan.

5. Sewa Kendaraan di Tempat Yang Paling dipercaya

Untuk berkunjung beragam objek rekreasi yang berada di Sumatera Barat lebih ringkas dengan sewa kendaraan, di Kota Padang untuk Bukittinggi banyak tersedia jasa persewaan mobil pada harga rata-rata setiap harinya Rp 350 ribu tanpa pengemudi, bila gak ingin ribet juga bisa sekaligus dengan pengemudinya pada harga Rp 550-750 ribu, harga itu umumnya telah terhitung dengan BBM. Cari tempat penyewaan mobil yang paling dipercaya, misalkan ia punyai situs yang update, punyao nomor yang dapat dikontak, punyai kantor dan lain-lain.

6. Selalu Isi Penuh Bahan Bakar

Harus dianggap jika tersedianya SPBU di Sumatera Barat terbatas, jika kamu masih ada di kota besar seperti Padang dan Bukit Tinggi kemungkinan itu bakal menjadi permasalahn tetapi saat kamu sedang berkendaraan dari tujuan satu ke tujuan yang lain yang mana kamu akan melalui jalan perdesaan karena itu kamu akan kesusahan untuk mendapati SPBU atau sekalipun ada antreannya panjang sekali dan itu memerlukan waktu atau sekalipun ada tetapi Pertamini alias bensin ketengan yang harga tambah mahal dari harga pasar, jika kamu gunakan motor masih tidak jadi masalah karena perlu isi 1-2 ltr, jika mobil? Oleh karenanya benar-benar dianjurkan isi bahan bakar dengan penuh.

7. Pakai Provider Kartu Selular Dengan Signal Kuat

Ini penting buat memberitahu ke famili dekat dimana saja kamu ada, dan yang pasti panorama alam di Sumatera Barat itu oke punyai, tentu terdorong untuk photo-photo dan unggah ke Media sosial agar exist, ini dapat dilaksanakan jika signa di hape kamu kuat.

8. Makan Dengan Arif

Seluruh orang tahu jika kulinerang minang memang lezat dan tentunya bagus sekali untuk dicoba apalagi langsung pada tempat aslinya ada. Tetapi, konsumsilah dengana rif, kulinerang minang dikenali dengan rasa pedas dan bersantan, untuk kamu yang tidak kuat dengan makan pedas bagusnya dijauhi, ada banyak loh makanan ciri khas minang yang enggak pedas dan enak seperti ayam pop dan gulai manih.

9. Berhubungan Dengan Masyarakat Lokal

Saat berkunjung satu objek rekreasi misalkan Lembah Harau, coba berhubungan dengan masyarakat lokal disitu. Apabila sudah mengenal mereka akan suka hati memberitahu tempat-tempat anti mainstream loh. Seperti air terjun Murai Gantiang, lajur ke arah puncak Sarasah Aie Luluih dan banyak.

Selainnya berhubungan dengan masyarakat lokal kamu bisa juga meminta untuk diajari bahasa lokal, dengan kuasai bahasa lokal dapat memudahkan kamu diterima warga. Pada intinya orang Minang ramah-ramah dan terbuka, apalagi jika kamu solo pelancong, nyasar-nyasar di warung-warung , tanya tanya Insyaallah kamu tentu selamat. Penulis sempat juga rasakan ini saat menelusuri Lembah Harau seorang diri, bermula dari bertanya-tanya justru dijamu seperti keluarga.

10. Tidak Boleh Takut Untuk Menawar

Selainnya rekreasi alam dan budaya, Sumatera Barat mempunyai tujuan untuk berekreasi berbelanja. Untuk lakukan ini kita dapat bertandang ke Bukit Tinggi terutamanya Pasar atas atau pasar Bawah, disitu tersedia banyak beragam makanan ciri khas Sumatera Barat yang dapat menjadi oleh-oleh untuk famili salah satunya ialah keripik sanjay, krupuk jangek (kulit sapi), dakak-dakak dan lain-lain. Saat sebelum beli bagusnya bertanya harga dahulu dan kita harus pandai-pandai menawar supaya tidak terjerat pada harga yang membuat kantong bobol, tetapi tawarlah pada harga yang logis ya.

11. Tanya Biaya Lokal Guide

Dalam memakai locak guide tanya dahulu biayanya. Di museum-museum umumnya locak guide itu gratis atau cuma-cuma. Tetapi di sejumlah tempat itu berbayar dan memiliki biaya tertentu, apalagi yang peranannya merangkap sebagai ranget. Setuju harga dari sejak awalnya dan meminta info detilnya.

12. Kenakan Pakaian yang Santun

Sebagian besar warga Minang Kabau ialah pengikut islam dan benar-benar disarankan suapaya kenakan pakian santun, tidak terbuka, dan menghargai etika-etika dan adat lokal.

Itu 12 panduan bila ingin liburan ke Sumatera Barat, bila kamu seseorang yang barusan akan ke Sumbar karena itu sebaiknya kamu turuti panduan-panduan ini, ditanggung berlibur kamu di Sumbar akan membahagiakan.


Comments are closed.