Aneka Tips Solo Traveling untuk Pemula

Aneka Tips Solo Traveling untuk Pemula

Quintadamata – Belakangan ini, solo traveling semakin diminati oleh banyak orang. Solo traveling atau jalan-jalan sendirian memang dinilai sangat menyenangkan oleh sebagian orang. Namun, masih ada beberapa orang yang ragu untuk melakukannya karena takut perihal keamanan, kesepian, atau bahkan takut tersasar. Padahal, hal tersebut bisa diatasi dan tidak akan terjadi jika Kamu mempersiapkan solo traveling dengan matang. Lalu, apa saja tips solo traveling bagi pemula agar aman dan nyaman?

Inilah 5 Tips Solo Traveling untuk Pemula Agar Liburan Aman dan Nyaman

1. Riset Destinasi Wisata

Poin pertama yang harus diperhatikan jika ingin melakukan solo traveling adalah melakukan riset destinasi wisata yang akan dikunjungi. Sangat penting bagi Kamu untuk mencari informasi lengkap mengenai daerah atau negara yang hendak dikunjungi. Carilah informasi terkait akomodasi, harga tiket pulang pergi, jarak penginapan dengan destinasi, biaya tiket wisata, dan hal-hal penting lainnya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci, kamu bisa membawa review yang diberikan oleh traveler lain. Nah, hal paling penting adalah jangan ragu atau malu untuk bertanya dan konsultasi dengan traveler yang lebih senior.

2. Buat rencana anggaran

Saat berpergian sendirian, sangat penting untuk merencanakan anggaran dengan matang. Buatlah recana anggaran secara rinci. Untuk itu, kamu perlu membuat itinerarty secara detail. Mulai dari bangun pagi, perjalan ke destinasi, kapan waktu untuk makan, pindah tempat, ibadah, dan aktivitas penting lainnya. Pastikan kamu untuk berkomitmen dalam mengikuti itinerary yang telah dibuat.

3. Light Packing

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan sebagai solo traveler, sebaiknya Kamu tidak perlu membawa terlalu banyak barang bawaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pada saat berpindah kota. Dengan membawa sedikit barang, liburan Kamu juga bisa lebih praktis. Jadi, pastikan untuk membawa barang secukupnya saja. Mulai dari handuk kecil, obat-obatan pribadi, dan baju secukupnya.

4. Catat nomor penting

Sebelum berangkat melakukan solo traveling, pastikan kamu mencatat nomor-nomor penting terlebih dahulu. Nomor penting yang dimaksud adalah nomor pihak-pihak yang dapat memberikan Kamu bantuan jika nantinya terjadi hal-hal di luar dugaan mpo88. Mulai dari nomor penginapan, polisi, rumah sakit, dan nomor penting lainnya. Untuk alasan keamanan, sebaiknya catat nomor tersebut pada kertas sebagai backup. Jadi, jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan handphone. Kamu bisa tetap menghubungi nomor tersebut tanpa kebingungan.

5. Simpan paspor, ATM, dan uang secara terpisah

Ingat bahwa kejahatan bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa aja. Maka dari itu, Kamu harus melakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir kemungkinan menjadi korban. Selama melakukan solo traveling, pastikan untuk menyimpan paspor, ATM, dan uang di tempat yang terpisah. Dengan menyimpan barang penting tersebut secara terpisah, maka Kamu bisa lebih aman jika mengalami hal diluar dugaan seperti kehilangan tas atau dijambret.

Itu dia beberapa tips solo traveling untuk pemula. Jika baru pertama kalinya ingin melakukan solo traveling, Kamu bisa memilih destinasi yang tidak terlalu jauh terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melatih diri agar mulai terbiasa menikmati solo traveling. Jika sudah mulai terbiasa dan merasa nyaman, maka Kamu bisa memulainya kembali ke destinasi wisata yang lebih jauh. Bahkan, bukan tidak mungkin Kamu bisa jalan-jalan keluar negeri sendirian. Pastikan akan sangat menyenangkan bukan? Jadi, jangan ragu untuk mencoba sensai solo traveling yang seru sekaligus menyenangkan.


Comments are closed.