Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Quintadamata – Papua adalah pulau paling besar di Indonesia. Disana kamu bisa menemukan sejuta kekayaan alam yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Salah satunya tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin menjelajah pulau Indonesia paling timur ini adalah wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Perlu kamu tahu, taman nasional ini adalah taman yang baru di resmikan tahun 2004 loh. Meski begitu ada banyak sekali hal menarik untuk kamu lihat disana. Ingin tahu apa daya tarik dari taman ini? Ini dia ulasannya.

Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang paling kaya bisa kamu temukan di TNTC atau taman nasional teluk Cendrawasih ini. Taman nasional yang berlokasi di teluk Cendrawasih ini memiliki luas sekitar 1.4 juta hektar. Sangat besar bukan? Dari besarnya area ini, kamu akan menemukan 80% area ditutup oleh area perairan. Nah, inilah yang membuat TNTV menjadi salah satu taman nasional yang sangat menarik terutama bagi pecinta keindahan bawah laut dan diving. Apa saja yang akan menanti kamu di TNTC ini?

  • Sebuah taman nasional pusat terumbu karang

Indonesia memang memiliki perairan yang sangat luas. Hal ini membuat perairan Indonesia menjadi sangat kaya. Jenis kekayaan alam laut Indonesia ini juga banyak ragamnya mulai dari banyaknya ikan hingga terumbu karang yang super menarik untuk di perhatikan. Nah, TNTC ini bisa dibilang sebagai salah satu pusat keanekaragaman terumbu karang di Indonesia. Betapa tidak jika disini kamu bisa melihat setidaknya 200 terumbu karang yang berbeda dan pastinya menawan untuk diteliti. Semuanya indah dan berwarna-warni! Jadi jika bujet kamu tidak sampai untuk membeli tiket di Raja Ampat, kamu bisa memiliki keindahan TNTC sebagai gantinya. Pokoknya tidak kalah deh keindahannya!

  • Bertemu dengan hiu paus

Hal menarik lainnya dari TNTC adalah kamu bisa bertemu dengan hiu paus. DI TNTC kamu bisa berkunjung ke Desa Kwatisore. Desa Kwatisore ini adalah sebuah desa yang berfungsi sebagai desa penelitian. Salah satu spesies yang di teliti disini adalah hiu paus. Jika kamu adalah seorang driver yang berlisensi, kamu bisa loh bertemu dengan hiu ini. Selain hiu paus, di TNTC ini kamu juga bisa menemukan beberpaa binatang menarik lain yang juga di teliti disana, yaitu penyu ada juga burung Cendrawasih.

  • Wisata Hopping Island

Untuk kamu yang suka berlayar, maka TNTC juga bisa jadi salah satu tempat wisata yang menggiurkan pasalnya disini kamu bisa mengikuti wisata hpping island yang akan membawa kamu berkunjung di pulau-pulau sekitar TNTC. Beberapa pulau yang akan kamu kunjungi adalah Pulau Misowaar dan juga Pulau Roon.

Dikedua pulau ini kamu bisa berwisata sejarah dengan berkunjung ke gua purba saat di pulau Misowaar dan ke gereja kuno saat berkunjung ke Pulau Roon. Selain menikmati keindahan dua pulau ini, kamu juga perlu tahu bahwa wisata hopping island ini juga membuat kamu bisa menikmati keindahan lautan dan pengalaman berlayar yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Wisata Papua Taman Nasional Teluk Cendrawasih bukan hanya satu-satunya wisata menarik di Papua loh! Saking luasnya area pulau ini, kamu bahkan bisa menemukan 3 taman wisata sekaligus disini bola pelangi. Pokokya kamu tidak akan rugi jika menghabiskan waktu kamu di papua. Dan ketika pulang siap-siap merasa kangen dengan keindahan alam serta keramahan penduduknya ya!


Comments are closed.