Tips Finansial Tetap Aman Saat Asik Traveling

Tips Finansial Tetap Aman Saat Asik Traveling

Quintadamata – Travelling adalah salan satu cara efektif untuk menghilangkan penat. Setalah banyaknya pekerjaan di kantor maupun tugas di sekolah liburan jadi hal yang paling menyenangkan. Saat belibur pastinya kamu sudah menyiapkan budget liburan. Mulai dari budget penginapan, transportasi, makanan dan lain-lain. Tapi bagaimana jika di tengah-tengah liburan ternyata kamu mengeluarkan budget yang melebihi anggaran awal? Bisa jadi kamu akan mengeluh karena membengkaknya pengeluaran.

Untuk menghindari over pengeluaran saat liburan berikut ini artis bagi kamu yang senang travelling tetapi ingin financial kamu aman atau tidak boros pengeluaran.

Tips Mengatur Keuangan Saat Liburan

1. Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Saat belibur pastinya kamu perlu merencanakan anggaran, persiapan fisik, hingga tempat liburan yang akan dituju. Merencanakan liburan jauh hari dapat membuat kamu lebih rinci dalam melakukan persiapan atau pengeluaran. Liburan yang dilakukan secara mendadak cenderung menyebabkan pengeluaran menjadi tidak terkendali. Beda halnya jika kamu sudah mempunyai jadwal liburan yang pasti, kamu bisa meminimalisir adanya pengeluaran yang melebihi anggaran. Manfaat lainnya saat kamu melakukan perencanaan sebelum liburan yaitu kamu bisa menabung terlebih dahulu. Apalagi jika lokasi liburan yang kamu tuju jaraknya cukup jauh baju dan keluar kan pasti lebih besar dibandingkan dengan liburan di tempat yang dekat.

Sebagai perkiraan kamu bisa menabung kira-kira 1 tahun untuk berlibur ke tempat yang jauh dan menabung dua sampai tiga bulan untuk berlibur di tempat yang dekat.

2. Membuat rencana biaya liburan

Setelah merencanakan tujuan wisata yang ingin didatangi selanjutnya kamu bisa mulai membuat rancangan mpo88 anggaran biaya. Yang perlu kamu catat saat membuat anggaran biaya diantarannya sepertinya biaya transportasi, biaya makan, biaya penginapan, tiket masuk tempat wisata, biaya tak terduga (seperti biaya ketika ban bocor) dan lain sebagainya.

Tips pertama dalam membuat rancangan anggaran adalah menentukan berapa budget yang ingin kamu keluarkan untuk liburan. Ketika kamu sudah menentukan berapa budget yang ingin kamu gunakan maka kamu akan lebih bijak dalam menggunakan uang. Misalnya kamu bisa membeli tiket perjalanan dengan harga yang murah, memilih hotel dengan harga yang terjangkau, ataupun makan di warung kaki lima asal bersih dan kenyang.

3. Pastikan fisik dalam kondisi prima saat berlibur

Memperhatikan kondisi fisik saat liburan tidak boleh disepelekan ya guys. Sebaiknya kamu tidak melakukan liburan ketika fisik kamu sedang tidak sehat. Bukan hanya akan menambah biaya ketika tiba-tiba kamu sakit di tengah-tengah perjalanan liburan, bisa jadi kamu tidak menikmati liburanmu. Jangan lupa meski saat berangkat kamu merasa badanmu sehat tetap bahwa obat-obatan selama liburan. Obat-obatan yang bisa kamu bawa dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Siapkan dana cadangan / dana tak terduga

Meskipun kamu telah menganggarkan budget yang kamu keluarkan saat travelling kamu masih perlu untuk membawa uang tambahan (cadangan). Uang cadangan ini sebaiknya kamu simpan ditempat yang terpisah dari uang khusus budget liburan. Penyimpanan uang di dua tempat yang berbeda ada dilakukan untuk mengantisipasi apabila kamu mengalami kehilangan uang. Saat berlibur biasanya kewaspadaan individu menjadi melemah karena asyik bersenang-senang. Bukan tidak mungkin ketika kamu lengah dompet kamu hilang, jatuh atau bahkan dicuri. Saat hal ini terjadi uang cadangan yang kamu miliki akan sangat menyelamatkan financial kamu ketika liburan.


Comments are closed.