Tips Traveling Murah Jalan-Jalan ke London

Tips Traveling Murah Jalan-Jalan ke London

Quintadamata – Kemungkinan pertanyaan seperti itu sering menghantui beberapa orang yang hoby pelesir. Sebagian besar tujuan di Indonesia telah dijabani (mudah-mudahan begitu), waktunya meluaskan cakrawala. Juga bisa baru memulai nikmati asyiknya jalanan dan langsung ngebet ke London karena semenjak kecil menyukai Harry Potter atau Sherlock Holmes?

Yang jelas, kids jaman now memang mengagumkan. Waktu masih kuliah, mimpi saya paling banter terbang ke Balui demikian skripsi habis. Ticket pesawat masih mahal dan jarang-jarang promosi, tuntutan media sosial belum seheboh sekarang ini. Tetapi saat ini, banyak pesan masuk ke account Instagram saya bertanya mengenai panduan irit ke London dan lain-lain. Untuk memberikan dukungan mimpi kalian dapat terwujud, saya membuat panduan sebegitu rupa untuk perjlanan 7 hari 5 malam. Harus diingat, London memang salah satunya kota dengan ongkos rekreasi paling mahal di dunia, di tambah lagi kurs Poundtersling (£) ke Rupiah naik kembali ke 18.100 (tahun kemarin sekitaran 17.500). Tentu saja, tiga hal kgusus yang dapat dihemat ialah transportasi, fasilitas, dan konsumsi.

1. Membeli Ticket Pesawat Jauh Hari

Karena, ticket pesawat yang dibeli jauh beberapa hari umumnya tambah murah daripada ticket kejutan, dan kita masih mempunyai beberapa waktu untuk memburu promosi bermacam maskapal. Hidupkan “Price Alerts” di Traveloka atau Skyscanner untuk mengawasi harga ticket ke London. Trick untuk mendapatkan ticket tambah murah dengan pergi atau pulang dari Kuala Lumpur atau Singapura-ketimbang langsung dari Jakarta.

Saya beli ticket ke London di bulan Oktober untuk perjalanan bulan Febuari tahun depan. Ada interval empat bulan. Beli ke Traveloka pada harga ticket Jakarta ke Kuala Lumpur sejumlah Rp. 500.00 (KLM) dan Kuala Lumpur ke London Rp. 900.000 (Malaysia Airlines), lalu pulang dengan Vietnam Airlines dengan harga Rp. 5.000.000. Tidak boleh lupakan ongkos visa Inggris sejumlah Rp. 1.600.000.

Keseluruhan pengeluaran ticket pesawat dan visa Rp. 8.000.000.

2. Tentukan pemondokan memiliki konsep hotel

Terkecuali pergi ramai-ramai dan patungan kamar AirBNB, sebaiknya pesan pemondokan memiliki konsep hotel atau kamar asrama, dengan ranjang susun dan opsi campur lelaki dari wanita atau terpisah. Ada banyak hotel untuk backpacker di London, dan jika pesan jauh beberapa hari dapat memperoleh hotel yang baik dan harga terjangkau.

Referensi saya ialah Smart Hyde Park Inn Hotel, Lokasi vital (Ring 1 London) dekat sama Hyde Park (taman keren buat beberapa foto dan sekomplek dengan Kensington Palace) dan selemparan batu ke Bayswater Station jika ingin naik tube dan beberapa halte saja dari Oxford Street dan SOHO, pusat berbelanja hits di London. Harga per malam Rp. 270.000 di Hostel World biasanya saya bandingkan dengan reservasicom.

Keseluruhan pengeluaran 5 malam Rp. 1.350.000.

3. Membeli Oyster Card untuk transportasi bis dan tube

Kartu ini dapat dibeli ke bandara, untuk trip sekitaran 5 hari, belilah kartu berisi £ 30. Bila menggunakan kartu ini kita dapat mendapatkan diskon sampai 50%. Untuk bis misalkan, sekali naik dikenai £ 1,5 tetapi untuk sehari dibulatkan jadi £ 4,5 sebebas-bebasnya ingin berapakah kali turun naik bis bertingkat ciri khas London asal masih di ring (pembagian zone daerah di London) yang serupa bola pelangi. Apalagi, bis dan tube di London tidak terima pembayaran tunai.

Keseluruhan pengeluaran 5 hari Rp.540.000.

4. Sewa sepeda umum Santander

Ada lebih dari 70 pangkalan persewaan sepeda Santander di London. Ongkos kontraknya murah sekali, cuma £ 2 untuk 24 jam dan 30 menit pertama gratis. Selanjutnya setiap kelebihan waktu 30 menit akan dikenai £ 2 juga. Pembayaran dapat dilaksanakan pada tempat dengan kartu credit atau mengupload program Santander Cycles di iPhone dan Android. Yang perlu, lihat selalu lajur khusus sepeda dan tempat parkir sepeda yang ada di beberapa tempat wisata.

Keseluruhan pengeluaran 5 hari Rp. 180.000.

5. Akali Pengeluaran Konsumsi

Umumnya makan pagi ada gratis di hotel, dengan menu roti panggang dan Nuttela dan sereal dan susu. Isi perut yang cukup supaya bertahan sampai siang, saya selalu menuang susu ke botol monum untuk dibawa. Jika air biasa tinggal isi pada keran (tahu kan, jika air keran di Inggris bisa langsung diminum). Untuk makan siang, yang paling murah ialah Chicken atau Beef Burger McDonald’s dengan harga £1, saya selalu membeli 2 buah.

Untuk menu yang lebih komplet harus keluar sekitaran £6-10 untuk packet McDonalds, Asia Food, atau Fish dan Chips. Karena makan siangnya irit, makan malam bolehlah membeli Fish dan Chips atau memburu kopi nikmat. Jika masih tetap ingin hemat, membeli makanan di M&S Simply Food (yes, Marks dan Spancer tidak hanya berjualan pakaian) dengan harga £ 2-3 atau nantikan sekitaran jam 8 malam karena umumnya salad, sandwich, dan roti potongan harga 50%. Janganlah lupa membeli buah fresh di swalayan Sainsbury’s.

Buah-buahan di London menurut saya murah sekali, £2 dapat memperoleh 500 g anggur merah, 2 biji apel, atau 2 biji avokado. Lihat tulisan di paket karena umumnya ada yang telah masak atau perlu menanti sekian hari. Semua buah ditanggung bagus dan nikmat. Saya biasa makan pagi avokado dan ngemil anggor malam-malam. Jika lebih rajin, juga bisa membeli bahan makanan dan masak di hotel.

Keseluruhan pengeluaran 5 hari £10 = Rp. 900.000.

6. Datangi tempat wisata yang gratis

Dimulai dari taman, meseum, jembatan, gedung tua, banyak tempat wisata gratis yang dijajakan London. Bila ingin nikmati situasi arsitektur Eropa, naik sepeda dan keliling kota sudah tentu gratis. Janganlah lupa singgah ke British Museum yang mengagumkan, begitupun Alami History Museum, Bank of England Museum, Imperial Museum War London, dan ada banyak kembali. Kita bisa juga melihat ritus penggantian ajudan di Buckingham Palace dengan gratis. Lebih asyiknya kembali, berpose di Peron 9 3/4 Harry Potter juga tidak perlu mengambil kantong.

Ya, paling kamu perlu menyisihkan uang jika ingin naik Bianglala The London Eye, turut tour kapal pesiar di River Thames, melihat atraksi Lion King, atau bertamu ke tempat tinggalnya Sherlock Holmes. Berapakah Ongkos yang Dihabiskan untuk Backpacking London?

Bila ditotal dengan opsi beli Oyster Card, ongkos yang perlu dipersiapkan ialah Rp. 10.790.000.

Hanya sepuluh juta-an semakin sedikit, dong? Rupanya London dapat dijangkau asal tahu celahnya untuk mengirit bujet, kan? Untuk ongkos komunikasi belum ditempatkan, tetapi bila ingin beli SIM Card lokal seperti 3 (Three) harga sekitaran tiga ratus ribu dan berisi paket data 8GB. Selanjutnya, ongkos berbelanja atau membeli oleh-olehan atau cemilan tidak ditempatkan karena bergantung setiap orang. Jadi bagaimana, apa backpacking London tetap menjadi harapan semata-mata?


Comments are closed.