Beberapa Tempat Kopi Terbaik di Indonesia

Beberapa Tempat Kopi Terbaik di Indonesia

Quintadamata – Saat ini, sudah banyak sekali kedai kopi yang menyajikan variasi kopi nusantara terbaik. Tren kopi nusantara ini terus meningkat dengan adanya beragam inovasi branding dan penyajian. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata kopi terbaik di Indonesia yang bisa Anda coba kunjungi untuk menikmati secangkir kopi.

Memang, hal ini tidak seperti destinasi wisata pada umumnya. Disini, wisata kopi memiliki penawaran yang cukup menarik untuk bisa menambah pengalaman Anda dalam berwisata. Pada umumnya, Anda akan diajak untuk berkeliling kebun, merawat pohon kopi, memanen kopi, hingga melihat langsung proses pengolahan kopi. Bahkan, ada juga beberapa destinasi yang menawarkan pengalaman menikmati kopi di kebun kopi.

Wisata Kopi Terbaik di Indonesia

Menikmati kopi tidak hanya bisa Anda lakukan di rumah atau cafe saja. Disini, Anda bisa menikmati kopi langsung di kebun kopinya. Penasaran dimana saja destinasi wisata minum kopi nusantara terbaik?

Kopi Kintamani, Bali

Bali, ternyata tidak hanya terkenal akan wisata alam dan budayanya saja. Namun, Bali dengan Kintamaninya juga menawarkan perjalanan wisata khusus bagi para pecinta kopi nusantara. Kopi Kintamani ini terletak di daerah pegunungan Batur dengan ketinggiannya yang mencapai 1100 mdpl, sehingga memang sangat cocok dijadikan sebagai lahan perkebunan kopi arabika.

Di Kopi Kintamani ini, pengolahan kopinya menggunakan sistem agrikultur yang tentunya sangat baik, bahkan sudah berstandar fair trade. Karena hal inilah, maka industri Kopi Kintamani bisa masuk ke jajaran kopi nusantara terbaik. Bahkan, kopi Kintamani sudah berhasil menjadi pemasok kopi untuk industri di Australia.

Selain terkenal dengan kedai kopinya, Kopi Kintamani ini juga hadir dengan menawarkan sebuah pengalaman perjalanan yang disebut dengan journey of Bali Coffe. Disini, Anda akan diajak bola pelangi untuk berpetualang di kebun kopi, memanen kopi, hingga mengolahnya dan bisa Anda nikmat sendiri.

Kopi Gayo, Aceh

Kenikmatan yang dihadirkan dari Kopi Gayo ini memang sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Selain sangat terkenal di kalangan penikmat kopi tanah air, Kopi Gayo ini ternyata juga sudah terkenal hingga mancanegara. Daerah Gayo yang terletak di ketinggian 1100 mdpl ini memang dijadikan sebagai sentra perkebunan kopi terbaik, mulai dari Arabika, hingga Robusta. Ketika berkunjung ke Kopi Gayo ini, maka Anda pun akan diajak untuk memanen kopi dan mengolahnya secara tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kopi langsung di kebun Kopi Gayo ini sembari menikmati keindahan dari Danau Lut Tawar yang sangat indah.

Perkebunan Sulotco, Toraja

Daerah Toraja memang menjadi salah satu penghasil Kopi Arabika yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan sudah sampai ke mancanegara. Salah satu kebun kopi yang cukup terkenal di daerah Toraja adalah Sulotco. Perkebunan Sulotco sendiri memiliki luas yang mencapai 800 hektar, bahkan perkebunan ini sudah ada sejak zaman Belanda. Jika Anda berkunjung ke Kopi Sulotco ini, makan jangan pernah Anda lewatkan untuk ikut memanen kopi bersama dengan petani lokal yang ada. Di perkebunan Kopi Sulotco ini, Anda juga bisa melihat secara langsung proses pengolahan kopi hingga penyajiannya.

Perkebunan Liwa, Lampung

Lampung merupakan salah satu penghasil kopi jenis Robusta terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah berpusat di Liwa, Lampung. Jumlah produksinya sendiri sudah bisa mencapat 100 ribu ton setiap tahunnya. Perkebunan Liwa di Lampung ini sangatlah luas. Perkebunan ini juga memiliki ciri khas aroma kopinya yang menyebar hingga ke beberapa titik. Hal ini dikarenakan banyaknya kedai kopi yang ada di sekitaran perkebunan Liwa ini.


Comments are closed.