Tips Traveling Saat Pandemi, Agar Aman dan Nyaman

Tips Traveling Saat Pandemi, Agar Aman dan Nyaman

Quintadamata – Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perasaan bosan dan kesepian tentu seringkali menghampiri. Bagaimana tidak? Pandemi memaksa kita untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, sehingga intensitas untuk bertemu dengan orang lain menjadi semakin berkurang.

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah liburan. Namun, liburan di masa pandemi juga harus mempertimbangkan banyak hal. Tujuannya adalah agar tetap aman dari penularan virus corona selama berada di tempat wisata. Bagi Kamu yang  ingin liburan di masa pandemi, yuk ikuti beberapa tips traveling saat pandemi berikut ini!

5 Tips Traveling Saat Pandemi Agar Lebih Aman dan Nyaman

1. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat

Poin utama yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk liburan adalah memastikan bahwa Kamu dan anggota keluarga lainnya dalam kondisi sehat. Jika tubuh sedang dalam kondisi sakit, maka daya tahan tubuh akan cenderung menurun.

Tentunya, hal tersebut bisa membuat berbagai penyakit lebih mudah menyerang tubuh, termasuk virus corona. Maka dari itu, pastikan tubuh sedang dalam kondisi sehat agar bisa lebih kuat melawan berbagai serangan penyakit saat liburan di tempat wisata.

2. Lalukan rapid test

Selain menjaga kesehatan diri sendiri, menjaga kesehatan orang lain juga sangat perlu dilakukan. Caranya adalah dengan melakukan rapid test terlebih dahulu sebelum berangkat liburan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tubuh benar-benar bebas dari infeksi virus Covid-19, sehingga tidak menularkan virus tersebut ke orang lain yang bertemu di tempat wisata nanti.

Selain itu, beberapa tempat wisata juga biasanya mewajibkan wisatawan untuk menyerahkan bukti test virus corona. Dengan melakukan test, maka Kamu dan keluarga bisa lebih mudah untuk mengunjungi tempat wisata yang diinginkan.

3. Pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai

Seperti yang kita tahu bahwa virus corona akan lebih mudah menular dari satu orang ke orang lain pada tempat yang ramai. Maka dari itu, sangat penting untuk bola pelangi memilih destinasi wisata yang aman untuk liburan. Sebaiknya, pilih tempat wisata yang luas dan tidak terlalu banyak wisatawan.

Hal tersebut memungkinkan Kamu untuk lebih mudah menerapkan physical distancing. Contohnya adalah kebun teh atau pantai. Jika ingin liburan ke luar kota, sebaiknya pastikan juga seberapa tinggi rendahnya kasus sebaran virus corona di kota tersebut. Sangat disarankan untuk menghindari kota yang tingkat penyebaran virus corona sedang tinggi.

4. Bawa perlengkapan pribadi

Untuk meminimalisir penularan virus corona di tempat wisata, sangat disarankan untuk membawa alat-alat pribadi dari rumah. Handuk, tempat minum, tikar, sabun, hand sanitizer, alat makan, dan beberapa perlengkapan pribadi lainnya akan meminimalisir potensi penularan virus corona lewat alat benda. Dengan membawa peralatan pribadi, maka Kamu tidak perlu menyentuh peralatan tersebut yang umumnya juga disediakan di tempat umum. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa masker cadangan.

5. Jaga jarak

Selama berada di tempat wisata, pastikan untuk selalu menerapkan protokol physical distancing. Jaga jarak minimal 1 meter dengan wisatawan lainnya. Hal ini sangat penting agar lebih aman dan terjaga dari penularan virus corona yang berasal dari orang lain. Dengan menjaga jarak, Kamu juga bisa turut serta menjaga kesehatan orang lain.

Nah, itu dia beberapa tips traveling saat pandemi. Dengan menerapkan tips di atas, maka liburan Anda bisa lebih aman dan nyaman meskipun dilakukan pada masa pandemi. Setelah pulang liburan, jangan lupa untuk langsung membersihkan badan dengan mandi. Selama berada di tempat wisata, sangat disarankan untuk sering mencuci tangan, terutama setelah menyentuh benda yang sering disentuh banyak orang.


Comments are closed.