7 Tempat Wisata Menarik di Kota Solo

7 Tempat Wisata Menarik di Kota Solo

SOLO. Merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sering menarik perhatian para wisatawan. Bagaimana tidak? Penduduknya ramah, budaya yang masih terjaga, serta bangunan-bangunan yang menyimpan nilai historis masih berdiri dengan megah, menjadikan siapapun ingin menapakkan kaki ke Surakarta.

Kamu tak perlu khawatir saat memutuskan Solo sebagai tujuan wisata. Sebab selain memiliki segudang sejarah dan budaya, Kota Solo memiliki sarana transportasi yang cukup baik. Selain itu di kota ini juga telah berdiri banyak penginapan untuk kamu tinggali. Mau penginapan dengan gaya tradisional hingga modern, semua ada di sini.

Sebagai salah satu kota wisata, Solo menawarkan banyak tempat yang dapat memanjakan mata. Berikut merupakan 7 Tempat menarik Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Kota Solo:

  1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Keraton Surakarta. Bangunan megah ini merupakan istana yang dibangun oleh Paku Buwono. Di tempat ini kamu bisa mengunjungi museum yang menyimpan benda-benda ersejarah seperti pusaka, perhiasan, kereta kencana, dan aneka wayang.

  • Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun kidul atau biasa di sebut alkid merupakan sebuah lapangan. Dimana dahulu difungsikan untuk menyiapkan kondisi kelancran hubungan antar keraton dengan masyarakat. Letaknyapun tak jauh dengan keraton. Sekarang, tempat ini menjadi wisata favorit bagi warga Solo. Setiap hari banyak makanan yang dijajakan di tempat ini seperti jagung bakar, wedang ronde, es degan dan lainnya. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Pura Mangkunegaran

Seperti halnya Surakarta. Pura Mangkunegara juga merupakan bangunan istana, dan hingga saat ini masih berfungsi. Tak jauh berbeda dengan tempat bersejarah lainnya, di Pura Mangkunegaran juga menyimpan berbagai macam koleksi peninggalan sang Raja, seperti senjata, perhiasan, pakaian, dan kendaraan. Di bagian pendopo kamu akan melihat beberapa perangkat gamelan yang biasanya digunakan untuk mengiringi tari-tarian di hari tertentu. Dan disini kamu juga bisa mencari  tulisan bersejarah di perpustakan “Rekso Pustoko” secara gratis.

  • Pasar Antik Triwindu

Seperti namanya, pasar Triwindu merupakan pasar yang menyediakan barang-barang antik. Letaknya berada di salah satu ruas jalan menuju Pura Mangkunegaran. Jadi jika kamu adalah seorang kolektor, dan penyuka barang-barang unik, disinilah kamu bisa memanjakan mata

  • The Heritage Palace

The Heritage Palace ini merupakan wisata yang masih tergolong baru. Meskipun demikian tempat ini sangat ramai di kunjungi karena memiliki bentuk bangunan megah khas Eropa. Ditambah lagi dengan koleksi mobil antik yang berjejer di dalamnya, membuat tempat ini sangat klik untuk dijadikan spot foto dengan orang-orang tercinta. Bukan hanya itu, The Heritage Palace juga memiliki beberapa wahana seperti museum industri, omah kwalik, convention hall, dan Kids Town & Food Street

  • Taman Satwa Taru  Jurug

Taman Jurug merupakan tempat rekreasi alam yang mengusung konsep edukasi. Di tempat ini memiliki banyak koleksi satwa dan pepohonan sehingga sangat cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga. Tak ada salahnya kamu mengajak adik atau keponakan untuk berwisata sekaligus berwisata di alam terbuka.

  • Pasar Klewer

Jika kamu ingin menuntaskan wisata dengan berbelanja, Pasar Klewer adalah tempatnya. Pasar Klewer sudah terkenal sebagai pusat belanja. Disini kamu bisa mendapatkan aneka pernak-pernik, kain batik, dan jajanan khas kota Surakarta.

Wah. Sangat menarik ya? Itu tadi hanya sebagian wisata  menarik yang ada di Kota Solo. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik di kota ini yang bisa kamu kunjungi. Yang pasti jika sudah menjelajahi  kota ini, kamu akan berfikir untuk kembali lagi.


Comments are closed.