Tips Jalan-Jalan Ke Daerah Bogor

Tips Jalan-Jalan Ke Daerah Bogor

Quintadamata – Salah satunya kota di Propinsi Jawa Barat ini dikenali dengan panggilan Kota Hujan karena curahan hujan yang tinggi sekali. Walau kota ini tidak besar, tapi terhitung kota yang ramai dengan beragam kegiatan karena tempatnya ada di tengah di antara Jakarta dengan Bandung, hingga kota ini disebutkan kota transit. Dengan letak yang vital itu, seringkali didatangi warga dari kota lain.

Pada periode penjajahan Belanda, Bogor dikenali bernama Buitenzorg yang memiliki arti tanpa kekhawatiran atau aman damai. Hari Jadi Kota dan Kabupaten Bogor diperingati tiap tanggal 3 Juni datang dari hari pengukuhan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran pada 3 Juni 1482. Seterusnya, kota ini dinamakan Bogor yang memiliki arti enau sebagai kota riset pertanian pada era ke-19 dengan berdirinya lembaga-lembaga riset pertanian. Satu diantaranya ialah Institut Pertanian Bogor yang berdiri semenjak awalnya era ke-20.

Sejalannya waktu Bogor semakin berkembang dan datang dengan infrastruktur dan ekonomi yang bagus. Ini kelihatan dengan tumbuh suburnya pusat belanja, pusat kulineran dan fasilitas simpatisan aktivitas seperti beberapa hotel, dimulai dari bintang satu sampai empat. Oleh karenanya, Bogor jadi tujuan rekreasi akhir minggu yang ramai didatangi warga. Disamping itu, Bogor kerap didatangi oleh beberapa pejabat negara slot online dan perwakilan negara teman dekat karena ada Istana Bogor sebagai istana kepresidenan yang ada di tengah kota dan bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Ke-2 nya jadi icon Kota Bogor.

Riwayat Bogor

Nyaris pada umumnya warga Bogor memiliki kepercayaan jika Kota Bogor mempunyai jalninan lokatif dengan Kota Pakuan, ibu-kota Kerajaan Pajajaran. Asal mula dan makna Pakuan sendiri ada dalam beragam sumber. Misalkan, Dokumen Cerita Waruga Guru (1750-an) menjelaskan jika nama Pakauan Pajajaran didasari banyak pohon Pakujajar di lokasi itu.

Opini lain menerangkan jika “Pakuan” bukan nama, tetapi kata benda umum yang memiliki arti ibu-kota (hoffstad) yang perlu diperbedakan dari keratin. Berdasar kondisi topography, istana Pakuan di pajajaran berada antara Sungai Besar dengan Sungai Tangerang (dikenali Ciliwung dan Cisadane). Bukti lain diketemukan dalam Prasasti Batutulis (nomor 1 dan 2) sedang nomor 3 dapat ditemui pada Prasasti Kebantenan di Bekasi. Nama keraton Pakuan Pajajaran semakin makin tambah meluas jadi nama ibu-kjota dan pada akhirnya jadi nama negara.

Langkah ke Bogor

Banyak langkah yang bisa dilaksanakan untuk capai Bogor. Kota ini benar-benar vital dengan akses jalan yang banyak. Berikut cara-cara ke Bogor, yaitu:

Pergi Ke Bogor Dengan Pesawat

Kota ini memanglah tidak mempunyai lapangan terbang untuk penumpang, cuma ada lapangan terbang yang dipunyai Angkatan Udara. Tetapi, Anda bisa landing di Lapangan terbang Soekarno Hatta atau Halum Perdanakusuma. Seterusnya, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan bis Damri arah bogor.

Pergi Ke Bogor Dengan Kereta

Alternative yang gampang, cepat dan murah ialah memakai kereta commuter yang stop di Stasiun Bogor atau Stasiun commuter ini layani teritori Jabodetabek. Disamping itu, ada pula Kereta Api Pangrango dari Cianjur-Sukabumi ke arah Bogor yang stop di Stasiun Paledang, sekitaran 200 mtr. Dari Stasiun Bogor. Tetapi, lokomotifnya langsir di Stasiun Bogor karena Stasiun Paledang cuma memiliki satu jalur.

Stasiun Bogor terhitung warisan Belanda yang digunakan sampai sekarang ini. Bangunan berpenampilan Eropa ini dibuat di tahun 1881 dengan beragam pola, seperti geometrisawan, kaki-kaki singa dan lubuk-relung sisi lantai. Stasiun ini tempat diperbaiki oleh Kementerian Perhubungan di tahun 2009 pada jalan masuk menghadap Jalan Nyi Raja Permas. Sekarang bangunan stasiun dipindahkan mengahadap Jalan Mayor Oking.

Pergi Ke Bogor Dengan Bis Antarkota dan Bis Pengumpan Transjakarta

Bus-bus antarkota tiba dari beragam kota, bukan hanya dari daerah Jakarta saja. Bus-bus itu akan stop di terminal Baranangsangi yang terletak pas berseberangan dengan tol Jagorawi. Disamping itu, ada juga bis pengumpan Transjakarta yang stop di Terminal Bubulak. Bus-bus ini mempunyai jalur yang lain dengan yaitu lewat tol Sentul Selatan dan masuk ke tol lingkar luar Bogor (Bogor Outer Ring Road).

Transportasi di Bogor

Tidak cuma disebutkan Kota Hujan, Bogor dipanggil sebagai Kota Seribu Angkot dengan banyaknya angkot dan rutenya. Angkot yang dikuasai dengan warna hijau ini layani penumpang ke beragam daerah. Terminal Baranangsiang, Bubulak, Laladon dan Wangun jadi lokasi yang gampang untuk mendapati beragam angkot itu. Biayanya dapat dijangkau Rp. 3.500 per-orang umum dan mahasiswa untuk jarak dekat, sedang siswa dikenai sjumlah Rp. 2.000 per-orang.

Transportasi yang lain bisa dipakai ialah ojek yang umumnya mangkal di tepian jalan atau beberapa tempat umum. Untuk becak dan taksi memanglah tidak banyak ditemui, namun tetap bisa dipakai atau berkeliling-keliling saat di Bogor. Sedang delman bisa diketemukan disekitaran pintu masuk Kebun Raya Bogor di Jalan Otista.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *