Fakta Menarik Kepulauan Padaido yang Diketahui Orang

Fakta Menarik Kepulauan Padaido yang Diketahui Orang

Quintadamata – Kalau soal surga bawah laut, pasti tempat pertama yang terlintas di pikiran kamu tentu saja Raja Ampat bukan? Tapi tahukah kamu bahwa Indonesia juga punya surga bawah laut di daerah lain yang jarang terdengar namanya? Surga itu terletak di Kepulauan Padaido, Biak Numfor, Papua.

Fakta Menarik Kepulauan Padaido yang Perlu Kamu Tahu

Kepulauan ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang sangat cocok untuk menikmati keindahan alam lautan. Nama Padaido sendiri memiliki arti sebuah keindahan yang tidak dapat terungkapkan. Namun sebelumnya, kepulauan ini dinamai sama seperti  penemunya yaitu Schouter. Selain itu, ada lagi masih ada lagi fakta-fakta menarik lainnya tentang Kepulauan Padaido seperti berikut ini.

  1. Bisa Lihat Lumba-lumba

Kalau sedang beruntung saat berkunjung ke Padaido, kamu bisa melihat lumba-lumba berenang di laut bebas. Nelayan yang sering mencari ikan di area ini mengaku perahu mereka sering diiringi oleh lumba-lumba saat sedang melaut. Mereka percaya bahwa lumba-lumba yang mengiringi mereka merupakan jelmaan dari para nenek moyang.

Berkat kepercayaan masyarakat sekitar inilah, lumba-lumba di Padaido tidak pernah diburu. Sehingga kalau kamu berkunjung ke sana, peluang untuk bisa melihat lumba-lumba cukup besar. Mereka biasanya akan berlompatan ke atas permukaan air saat sedang mencari makan.

  • Mitos Warga Setempat

Masih berkaitan dengan kepercayaan penduduk sekitar tentang lumba lumba, terdapat mitos yang dipercaya tentang mamalia laut ini. Dahulu kala ada malaikat yang turun di Saribra dan mendatangi tempat bernama Inek. Malaikat itu memunculkan api dari tangannya dengan menggosokkan permukaannya. Kemudian api itu dipakai untuk membakar daun kepala kering dan membuat kobaran api.

Warga yang saat itu belum pernah melihat api sama sekali akhirnya ketakutan. Mereka pun dipercaya menceburkan diri ke laut dan berubah menjadi lumba-lumba. Sebab itulah habitat serta populasi lumba-lumba di kepulauan ini masih lestari hingga sekarang.

  • Keanekaragaman Biota Laut

Kalau datang ke Padaido, kamu dijamin nggak akan menyesal. Pasalnya  kondisi lingkungan yang masih lestari di tempat ini akan memanjakan mata kamu.  Tapi bukan hanya itu, keanekaragaman biota laut yang ada di sini pun masih tergolong banyak.

Setidaknya berdasarkan data dari Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian KKP, terdapat 95 spesies karang, 155 jenis ikan, serta 7 spesies mangrove. Wilayah terumbu karang kepulauan ini juga luas sehingga memungkinkan untuk jadi habitat ikan berukuran kecil hingga sedang. Dengan begitu, sangat memungkinkan kamu untuk bisa menyelami keindahan bawah laut di sini.

  • Terdiri dari Banyak Pulau

Sebagaimana namanya, Kepulauan Padaido terdiri dari beberapa pulau. Setidaknya ada tiga puluh pulau kecil yang berukuran 3-4 kilometer. Selain itu, ada satu pulau terpanjang yang bernama Pulau Auki dengan ukuran  5 kilometer.

Bukan hanya pulau besar, wilayah ini juga memiliki pulau kecil.  Rata-rata pulau-pulau kecil yang ada di sini hanya berukuran sepanjang 300-400 meter. Beberapa pulau itu bernama Pulau Auki, Wurki, Yumni, Wundi, Nusi, Pai, Pakriki, Padaidori, Bromsi, Samberpasi (Pasi), Manggwandi, Workbondi, Insamfursi, Dauwi, Wamsor, Samakur, dan Runi.

  • Ada Pulau Tak Berpenghuni

Sebagian besar pulau yang ada di wilayah Kepulauan Padaido sebenarnya tak berpenghuni. Kalau kamu punya cukup nyali, datanglah bersama teman, pasangan, atau keluargamu ke sana. Warga setempat akan mengantarmu dengan perahu ke pulau itu. Dengan begitu, kamu bisa menikmati keindahan serta ketenangan di sebuah pulau yang  sunyi dan lestari.

Salah satu pulau tak berpenghuni yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Runi. Pulau ini dikelilingi dengan pasir putih slot online. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan telaga berwarna biru di pulau ini. Letaknya berada di ujung paling barat Padaido yang langsung menghadap ke Samudera Pasifik.

Demikian beberapa fakta menarik tentang Kepulauan Padaido. Nah, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?


Comments are closed.