Sungai Kais: Membelah Belantara dengan Sampan

Sungai Kais: Membelah Belantara dengan Sampan

Quintadamata – Kalau kamu sedang berkunjung ke Sorong Selatan, jangan lupa mampir untuk menikmati keindahan sungai-sungainya. Sorong Selatan memang terkenal dengan sungai-sungainya yang dijadikan tempat wisata. Salah satu masyarakat setempat untuk wisata ialah Sungai Kais. Sungai ini lebih tepatnya terletak di Distrik Kais, sungai yang populer di kalangan Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat.

Berwisata Alam di Sungai Kais

Kalau kamu pecinta wisata alam, cobalah untuk mengunjungi Sungai Kais. Sungai yang dijadikan sebagai jalur transportasi utama masyarakat Sorong Selatan dan pabrik sangu ini cukup terkenal. Banyak kegiatan wisata air yang bisa kamu lakukan di sana. Setidaknya berikut adalah beberapa kegiatan wisata alam yang bisa kamu lakukan di sungai ini:

  1. Menyusuri Sungai dengan Sampan

Jika kamu ingin mencoba sensasi membelah hutan belantara, cobalah menyusuri sungai ini dengan sampan. Pemandangan sungai yang diapit pepohonan di sisi kanan dan kiri membuat suasananya menjadi hening sekaligus riuh akan gesek bunyi dedaunan diterpa angin.

Kamu bisa dengan mudah meminta masyarakat setempat membawamu berkelana dengan sampan. Sebab, sampan merupakan alat transportasi utama masyarakat Sorong Selatan untuk menyokong kegiatan perekonomian mereka. Pasalnya, sebagian besar penduduk di sana memiliki mata pencarian dengan menokok sagu maupun sebagai nelayan.

  • Memancing

Selain menyusuri sungai dan menikmati pemandangan pepohonan, kamu juga bisa mencoba kegiatan memancing. Sungai ini merupakan sungai air tawar dengan permukaan air yang tenang sehingga cocok kalau kamu ingin memancing di sana. Atau tidak ada salahnya ikut menyaksikan kegiatan masyarakat setempat yang bermata pencarian sebagai nelayan untuk memancing ikan.

Kamu juga bisa bawa alat pancingmu sendiri dan memancing bersama para nelayan. Setelah berhasil mendapat ikan hasil pancingan, kamu bisa menyantap hidangan dengan menu ikan bersama penduduk setempat. Cobalah ikut berkunjung ke rumah mereka juga supaya kamu bisa totalitas mengeksplorasi kehidupan nelayan masyarakat di Sorong Selatan.

  • Berenang

Selain menyusuri sungai dan memancing, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru serta memacu lainnya di sungai ini. Sungai yang permukaannya tenang ini juga cocok kalau kamu ingin coba berenang. Meskipun air sungai ini berwarna coklat keruh, tapi tidak ada salahnya mencoba berenang di sini.

Merasakan sensasi berenang di sungai besar yang dikelilingi hutan belantara pasti sangat memacu adrenalin. Pasalnya, sungai yang tidak punya air terjun ini  berukuran cukup lebar serta dalam. Sungai ini bukan jenis sungai berbatu yang biasa dipakai untuk kegiatan  arung jeram sehingga cukup aman untuk  berenang. Tapi ada satu hal yang perlu kamu waspadai saat menyusuri sungai ini karena masih terdapat cukup banyak buaya di sana.

  • Membuat Vlog

Sebagai salah satu tempat wisata favorit masyarakat Sorong Selatan, Sungai Kais juga menjadi tempat yang cocok untuk menambah konten media sosial kamu. Jika kamu senang membuat vlog, membagikan pengalaman membelah belantara dengan perahu atau sampan di sungai ini pasti akan menyenangkan.

Suasanya sekitar yang hening serta sampan yang tidak begitu berisik akan memudahkan kamu ketika merekam video. Jalur sungai yang berbelok-belok pun akan menambah sensasi keseruan ketika membuat video untuk kontenmu. Apalagi suara gesekan dedaunan yang tertiup angin, membuat hasil videomu jadi semakin berkesan serta bernuansa alam.

  • Berburu Foto

Selain membuat vlogm kamu juga bisa mengabadikan perjalananmu dengan berburu foto sebanyak-banyaknya di sungai ini. Mintalah nelayan yang mengoperasikan perahu untuk sesekali berhenti sehingga kamu bisa mengambil foto. Warna air sungai yang keruh justru membuatnya bisa memantulkan warna hijau pepohonan dengan baik. Dijamin hasil foto kamu akan terlihat semakin estetik.

Itu dia beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Sungai Kais. Dengan biaya yang cukup murah, kamu bisa menikmati wisata alam sembari menemukan suasanya baru. Tertarik untuk mencoba?


Comments are closed.